Newest Post


Bagi teman2 yang masih belum mengenal AKB48 dan siternya.. nih aku kasih postingan yang mudah2an dapat menarik hati teman2. law aku waktu pertama2 baca ini sumpah....... terharu banget. untuk itu aku ingin berbagi haruku ama kalian hehehe ^_^
postingan ini aku dapat dari FB All About J-Entertainment ... ok kita langsung aja ke postingan yah....

 

WHY I LOVE AKB48 SO MUCH ?? ~by Daniel Kurnia~


AKB48...sebuah group idol asal Jepang. Aku sudah sering mendengar nama ini sejak tahun 2007 lalu.
AKB ?  Idol Group ? 48 ? Apa itu ? 1 group 48 orang ? Kayak mau tawuran aja ( pasti sering mendengar ejekan2 ini :-P )
Apa bedanya sih mereka dengan Girlband-Girlband pada umumnya ? Kayaknya sama-sama aja( pada awalnya ). Sebuah group dengan beberapa cewe, berpakaian seksi,  joget-joget di panggung.
Tetapi setelah datangnya Kapten AKB48 Takahashi Minami ke Jakarta, aku mulai melirik dan mencari info. Apa sih sebenarnya kelebihan dari AKB48 dibandingkan GB lain, terutama group asal Korea....Ini perbedaannya :


1. Jumlah anggota yang sangat banyak :
AKB48 bahkan tercatat dalam buku record dunia Guiness Book of Record sebagai Group Idol dengan jumlah personil terbanyak.  Dengan personil sejumlah 48 orang, terbagi menjadi 3 team besar, Team A, Team K dan Team B. Bagaimana cara memanage 48 orang dengan kepribadian yang berbeda-beda ? Produser Atsushi Akimoto adalah seorang yang jenius. Hanya dengan konsep "Semangat, tidak mudah menyerah dan mau belajar", beliau bisa menyatukan visi dari ke-48 orang membernya. Selain ke-48 member, masih ada team 4, yaitu team yang dipersiapkan untuk menggantikan posisi seniornya di Team A, Team K atau Team B. Selain itu juga, AKB48 memiliki 4 sisters Group di daratan Jepang sendiri yaitu SKE48, HKT48, NMB48 dan SDN48. Dan sister group pertama diluar jepang adalah JKT48 yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. ( Yang seharusnya membuat Indonesia bangga karena dari sekian banyak negara di Asia yang mencalonkan diri seperti Hongkong, Singapore, Thailand, Philiphines, Vietnam dan Myanmar, Indonesia lah yang terpilih oleh  AKB48 Management, Japan. Bukan malah justru menuduh plagiat, niru, mendompleng ketenaran, dll ...zzzzzzz ). Jadi kalau ditotal, mungkin jumlah personil AKB48 dan seluruh sister group-nya, jumlahnya tidak kurang dari 200 orang.


2. Kekompakan dan saling membantu sesama member
Ibarat semua team sepak bola, AKB48 tidak mungkin bisa maju bila hanya mengandalkan individual skill. Tiap manusia pasti ada kekurangannya. Kekurangan 1 orang, bisa disupport oleh banyak orang. Tapi kelebihan orang itu, pasti bisa mensupport member lain. Karena itu seluruh personil AKB48 sangat dekat satu dengan lainnya. Tidak ada saling menjatuhkan.


3. Konsep "Idol You Can Meet Everyday"
Konsep yang sungguh "nyeleneh". Biasanya yang namanya selebriti selalu hidup dalam kemewahan, eksklusif dan tertutup. Tapi berbeda dengan AKB48, para fans bisa langsung menemui mereka di gedung theater AKB48 di Tokyo. Bahkan bukan tidak mungkin bisa bercakap-cakap atau sekedar shakehand atau berfoto bersama. Dari konsep ini, muncullah kecintaanku yang berikutnya yaitu :


4. Dekat dengan para fansnya.
Setiap mereka mengadakan konser, sebelum dimulai, para personil AKB48 datang menghampiri para fans yang mengantri masuk ke gedung pertunjukkan dan memberikan salam sambil mengucapkan terima kasih sudah mau datang. Bahkan tidak jarang pula justru para personilnya ini yang menjaga pintu masuk sekaligus yang menyobek tiket para fans yang datang menonton konser mereka. Sungguh luar biasa. Karena menurut mereka, tanpa adanya fans, mereka bukanlah apa-apa. Karena itu mereka sangat senang untuk bertemu dengan para fans dari seluruh dunia. Dan acara handshake sekarang merupakan hal rutin yang dilakukan oleh AKB48 maupun sister group yang lainnya dan diadakan beberapa kali setiap tahunnya di berbagai kota baik di Jepang maupun seluruh dunia.

5. Semua personil AKB48 bertalenta.
Inilah yang membuat AKB48 tidak bisa disebut dengan Girl Band, karena konsep mereka adalah Idol Group. Mereka bisa segalanya yang berhubungan dengan dunia entertainment. Tidak hanya menyanyi saja, hampir seluruh personil pernah terlibat dalam Film, baik dorama maupun film layar lebar. Selain itu, beberapa dari mereka sering menjadi MC dalam pertunjukkan-pertunjukkan atau live show seperti siaran olahraga tingkat dunia. Beberapa ada yang menjadi bintang iklan, foto model majalah, model video clip. Dan setiap personil dibekali dengan kemampuan Public Speaking, karena itu setiap penampilan mereka, MC yang membawakan acara bisa berbeda-beda. Bahkan salah satu personil AKB48, Shinoda Mariko telah menerbitkan majalahnya sendiri, mendesign sendiri gaun pengantin dan bercita-cita ingin menjadi seorang sutradara.


6. FANS AKB48 yang sangat sopan dan terpelajar
Tidak pernah aku melihat dalam konser AKB48, meet and greet bahkan pada saat kedatangan Idol mereka ini di bandara, ada fans yang berteriak-teriak kesetanan hingga histeris, atau berbuat anarkis dengan berusaha memegang-megang idolanya atau hingga menyakiti mereka ketika sedang lewat. Fans AKB48 atau sering disebut Wota AKB48 ( Otaku Idol ), seluruhnya sopan, dewasa dan sangat bersahabat. Mungkin karena konsep "Idol you can meet" yang dicetuskan oleh Akimoto, tidak ada lagi fans yang merasa sulit untuk bertemu dengan idola mereka ini. Konsep yang sangat brilian menurut saya.

 
7. Berdisiplin tinggi.
Setiap sebelum mulai konser, mereka selalu mengadakan briefing seluruh anggota disebuah ruangan besar,di pimpin oleh Kapten Team, entah berdoa bersama atau mengeluarkan uneq2 sambil bergandengan tangan. Sebab diatas panggung nanti, tidak boleh ada kesalahan dan diatas panggung mereka bukanlah individu lagi melainkan satu kesatuan...AKB48.  Di sela-sela latihan, mereka semua dituntut profesional, serius dan tidak bercanda. Bercanda boleh dilakukan setelah sesi latihan selesai. Jika ketahuan bercanda atau main-main, Kapten Team tidak segan-segan dan berhak melarang anggota tersebut untuk ikut tampil dalam acara. Disiplin yang amat sangat tinggi menjadikan AKB48 menjadi seperti sekarang ini.


8. Adil, setara dan penghargaan dari management.
Setiap personil AKB48 mendapatkan kesempatan yang sama untuk tampil dalam PV atau diatas panggung. Oleh karena jumlahnya yang besar, maka kesempatan untuk tampil itu dengan cara polling dari penggemar. Atau mulai tahun 2010, mulai diadakan kompetisi Jankenpon diantara para personil untuk memilih personil siapa yang akan menjadi center dalam single berikutnya. Tahun 2010, Janken dimenangkan oleh Uchida Mayumi, dan menjadi center di single AKB48 ke 19, Chansu no Juban.


Tahun 2011 ini kompetisi Janken dimenangkan oleh Shinoda Mariko. Karena itu lah single ke 24 AKB48 berjudul Ue Kara Mariko. Selain kompetisi Jankenpon, para fans juga diajak ikut berpartisipasi dalam ajang yang disebut Senbatsu. Pemilihan anggota terfavorit, untuk ikut masuk ke dalam single maupun pembuatan PV melalui polling dari pilihan para fans.


Senbatsu dimulai tahun 2009, dimana Maeda Atsuko menduduki peringkat pertama dan berhak menjadi center dalam"Iiwake Maybe".


Tahun berikutnya, diluar dugaan, Oshima Yuko menyodok Maeda menjadi posisi nomor 1 dan menjadi Center di Single AKB48 ( yang juga menjadi sangat terkenal di Indonesia setelah dibawakan kembali oleh JKT48 ) " Heavy Rotation".


Dan di tahun 2011, kembali Maeda Atsuko menduduki peringkat 1 dan menjadi Center di single ke 22 AKB48, "Flying Get" pada bulan Juli 2011 ( Single ini yang mengantar AKB48 memboyong Piala Japan Record Awards 2011 ) dan sekaligus memecahkan rekor penjualan single diatas 1 Juta copy di minggu pertama setelah rilis.


Diantara 48 member ada 9 orang yang hampir selalu ada dalam nominasi Senbatsu, Mereka adalah Maeda Atsuko, Shinoda Mariko, Kojima Haruna dan Takahashi Minami ( Team A ), Oshima Yuko, Miyazawa Sae dan Itano Tomomi ( Team K ), Kashiwagi Yuki dan Watanabe Mayu ( Team B ).
( Foto Ki-ka : Kashiwagi Yuki, Shinoda Mariko, Watanabe Mayu, Oshima Yuko, Maeda Atsuko, Takahashi Minami, Kojima Haruna, Itano Tomomi, Miyazawa Sae )


9. Kesombongan pantangan dalam group.
Meskipun dari sekian banyak member AKB48, beberapa ada yang sudah terkenal sebagai bintang film. Contohnya Atsuko Maeda dan Yuko Oshima. Meskipun mereka disibukkan oleh jadwal syuting, mereka tidak pernah melupakan bahwa keberhasilan mereka berasal dari AKB48. Mereka lebih mendahulukan konser AKB48 ataupun temu fans AKB48 dibandingkan jadwal syuting untuk dorama maupun Movie.


Dan setiap awal tahun, setelah konser tahun baru yang besar-besaran, seluruh member Senbatsu selalu datang kembali ke Theater Kecil di Akihabara. Mereka tidak akan pernah lupa dari mana mereka dulu berasal. Dari sebuah Theater yang hanya memuat 250 penonton dan hanya berupa panggung kecil dengan lantai kayu dan kursi-kursi panjang. Mereka semua menghabiskan malam tahun baru di Theater ini untuk sekedar bercanda & mengingat-ingat kenangan mereka beberapa tahun yang lalu. ( Foto : Maeda Atsuko sedang tertidur di salah satu bangku panjang di dalam Theater AKB48, malam Tahun baru 2011 -2012 lalu )

 
10. Pencapaian Prestasi yang luar biasa.
Tahun 2011 ini AKB48 mencatatkan 5 rekor penjualan single di peringkat 1 s/d 5 chart Jepang dengan penjualan single diatas 1 juta copy di minggu pertama setelah launching. Prestasi yang sangat luar biasa. Bahkan prestasi mereka ini memecahkan rekor yang telah bertahan selama 12 tahun yang dipegang oleh GB SPEED, senior mereka di awal tahun 2000-an. Ditambah lagi, AKB48 telah go International dengan mengadakan beberapa konser diluar negeri mulai dari Perancis, Taiwan, Hong kong, Singapore dan New York, Amerika Serikat. Dan di akhir tahun 2011, AKB48 mencapai prestasi tertinggi dengan menerima Japan Record Awards sebagai Group dengan penjualan single terbanyak sepanjang tahun 2011. Tercatat, sejak pertama kali launching single di tahun 2006, AKB48 telah menjual kurang lebih 11,7 juta copy single mereka ( dari 25 single )

 
11. Rasa solidaritas yang tinggi.
Setiap member AKB48 merasa sudah seperti keluarga sendiri. Karena itu lah apabila ada seseorang member yang terkena musibah atau harus mengundurkan diri dari group, bahkan ketika mendapatkan suatu prestasi/penghargaan personal, hampir seluruh personil bisa menangis bersama-sama merasakan kebahagiaan sekaligus kesedihan. Dan jika ada salah satu personil AKB48 yang graduated, mereka selalu menggelar konser perpisahan Untuk anggota tersebut. ( Foto : Pelukan hangat sekaligus ucapan selamat dari Oshima Yuko kepada Maeda Atsuko ketika Maeda kembali merebut posisi nomor 1 di 2011 Senbatsu setelah setahun sebelumnya  Maeda kalah dari Yuko )


Foto : upacara pelepasan sekaligus konser terakhir dari personil Team K, Ono Erena yang lulus di tahun 2011, karena ingin fokus melanjutkan studinya ke luar negeri.  Selayaknya sebuah konser besar, Konser ini dihadiri oleh seluruh personil AKB48 termasuk produser dan Chairman, Akimoto Yasushi. Dan selayaknya upacara wisuda, personil yang lulus diberikan sertifikat kelulusan dari AKB48 Academy. Dan para fans yang hadir pun diberikan kesempatan untuk bersalaman sekaligus mengucapkan salam perpisahan dengan personil yang bersangkutan. Sungguh suatu penghargaan yang luar biasa.

12. Menyapa fansnya tidak hanya melalui konser.
AKB48 memiliki banyak sekali acara talk show maupun games show seperti AKBINGO yang melibatkan seluruh personilnya dan rutin ditayangkan seminggu sekali disalah satu channel televisi Jepang. Karena itulah AKB48 semakin dekat dengan fansnya, karena dalam acara ini benar-benar dibuka bagaimana keseharian para personilnya, sifat-sifat jeleknya, dsb. Selain itu, AKB48 SHOP dan Cafe juga membuka cabang di beberapa belahan Asia seperti Singapore dan Hongkong. Dan setiap tahun sekali, para member AKB48 datang ketempat ini untuk temu fans maupun melakukan mini concert disini. Dan satu lagi, dengan aktifnya Google+, setiap member AKB48 menyapa fansnya lewat situs jejaring baru ini dan setiap harinya mereka mengupdate status mereka supaya para fans mengetahui aktivitas dari idola mereka masing-masing.

13. AKB48 dipimpin dan dibentuk oleh seorang seniman yang sangat berdedikasi tinggi dan seorang sangat jenius.
Hampir seluruh lagu yang dinyanyikan dan menjadi HITS adalah hasil karya beliau, Akimoto Yasushi. Konsep "The Idol You Can Meet Everyday" juga adalah hasil pemikiran beliau di tahun 2005, ketika  pertama kali mendirikan AKIHABARA 48. Sampai saat ini, Akimoto sendiri masih menjadi team seleksi dari setiap member yang tergabung dalam naungan AKB48 Management. Termasuk ketika proses Audisi untuk JKT48, beliau sendiri datang ke Jakarta untuk melakukan audisi. Pemikiran beliau yang sangat bijaksana selalu mengatakan, "There is no perfect girl in AKB48 or the sister group." Tidak ada satupun personil AKB48 ataupun sister groupnya yang sempurna. Segalanya hanya bisa dicapai dengan kerja keras, keringat,  air mata serta kemauan dan semangat untuk belajar dari masing-masing personil.
Sehari-hari, Akimoto Yasushi, lahir pada tanggal 2 Mei 1956, adalah seorang Profesor sekaligus dosen dan Vice President dari Kyoto University of Art & Design. Setelah beliau memperkenalkan sekaligus launching Sister Group AKB48 pertama di luar Jepang, yaitu JKT48, Jakarta, Indonesia, beliau berencana untuk memperkenalkan Sister Group ke dua yaitu. TPE48 ( Taipei, Taiwan ) di tahun 2012 ini.


Dan tentu saja untuk menyatukan visi dari pimpinan management supaya sampai  ke seluruh anggota, diperlukan seorang figur yang berdedikasi, tanggung jawab dan jiwa pemimpin besar. Dan figur itu ada pada diri Kapten Team A, Takahashi Minami. Dibawah pimpinan Takamina ( Panggilan akrab Takahashi Minami ), AKB48 berubah dari group yang dipandang sebelah mata menjadi sebuah super Group dan Idola Asia. Seorang figur pemimpin yang Tegas, keras, pembangkit semangat dan bertanggung jawab tinggi tapi sangat perhatian dan menganggap seluruh personil adalah saudaranya sendiri. Karena itulah, Takamina begitu dicintai oleh seluruh personil AKB48 dan seluruh sister groupnya.
Takamina adalah salah satu personil paling awal dari AKB48, ketika AKB48 pertama kali dibentuk tahun 2005. Bersama Maeda Atsuko. Minegishi Minami, Kojima Haruna, Itano Tomomi, Hirajima Natsumi dan Shinoda Mariko adalah 7 personil 1st generation yang masih bertahan hingga sekarang.


AKB48 Theater, Akihabara, Tokyo



"AKB48
IDOL GROUP FROM AKIHABARA TOKYO, READY TO TAKE ON THE WORLD"



I LOVE AKB48 so much 

FORMASI TERAKHIR FULL TEAM AKB48 ( Desember 2011 )

 
Gimana..... kalian terharu g' bacanya..????
mudah2an terharu yah....
^_^

{ 12 komentar... read them below or Comment }

  1. mantappppppppp banget ......
    ilove akb48!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    and minami takahashi

    BalasHapus
  2. I Would Devote My Whole Life to Mayu Watanabe

    BalasHapus
  3. I LOVE YUKO!!! oshi gw

    BalasHapus
  4. jgn cuma kasih nama.. tapi kasi link akun nya juga.. ^^ +groupnya

    BalasHapus
  5. Aku mau tanya dong, kenapa akb48 suka pake baju mini2 ?

    BalasHapus
  6. emang udah budaya japan kali,,,,

    BalasHapus
  7. gw maw nangis,bntar lg oshi gwe graduate T_T

    BalasHapus
  8. Pas bener kalo dengerin lagu heavy rotation, sakura no shiori, inget lg pas sekolah dulu, Two thumbs up for AKB48, pengen denger lagu AKB berbahasa korea, SEO kapan muncul ya ???? I Love AKB48

    BalasHapus
  9. Gk ada seo udah yang ada aja !!
    I♥ akb48 & i ♥ jkt48 n sister2nya!!!

    BalasHapus
  10. bukannya akb48 di sukai karena dengan cara mreka berpakaian yang tidak sopan(membuka aurat)

    BalasHapus

// Copyright © Ho-kago Skull Time //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //